KEPUASAN KONSUMEN

TEMA : KEPUASAN KONSUMEN

Judul : Awal kepercayaan konsumen terhadap pembelian secara Online

Latar Belakang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan konsumen terhadap pembelian secara Online dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian via internet pada toko online. Apakah konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan

atau tidak.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat termasuk internet bagi segala aspek, tidak terkecuali perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Sekarang sudah sangat banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai media pemasaran dan bisnis. Hal ini tidak aneh mengingat jumlah pengguna internet yang terus bertumbuh pesat dapat menjadi sebuah pasar yang potensial untuk dimasuki para pebisnis. Di lain pihak, praktik e-commerce dan e-bisnis ternyata mempunyai banyak keuntungan baik bagi perusahaan ataupun konsumen

Pertumbuhan pengguna internet semakin pesat seiring semakin majunya teknologi. Pada masa sekarang ini internet bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Hal ini dikarenakan banyaknya akses yang memungkinkan untuk menggunakan internet.

Berikut ini adalah tabel secara keseluruhan perkembangan pengguna internet di Asia

http://freshblot.wordpress.com/2008/11/14/jumlah-pengguna-indonesia-menduduki-peringkat-ke-5-di-asia/

Pada tabel diatas bisa dilihat Jumlah Populasi penduduk Indonesia tahun 2008 adalah 237.512.355, dimana pada tahun 2000 pengguna internet adalah 2.000.000 orang, pengguna internet Indonesia pada tahun 2008 meningkat menjadi 25.000.000 orang.

Apabila dilihat dari data di atas dapat disimpulkan bahwa pengguna internet baik secara global maupun nasional mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini jelas menjadi sebuah potensi bisnis yang sangat menjanjikan.

Menurut (Pavlou, 2003; Yousafzai et al, 2003; memainkan peran penting dalam menciptakan kepuasan dan hasil yang diharapkan secara transaksi online.

Menurut Gefen dan Straub, 2004; Wu dan Cheng, 2005; Flavianus dan Guinaliu, 2006); Dimana dalam meningkatkan kepercayaan konsumen yaitu dengan memberikan keyakinan bahwa vendor tidak akan terlibat dalam perilaku oportunistik (Gefen et al, 2003.).

Gefen et al. (2003) merangkum konsep kepercayaan dari penelitian sebelumnya sebagai:

  • satu set kepercayaan yang berbeda yang terdiri dari integritas, kebajikan, dan kemampuan;
  • keyakinan umum atau niat percaya bahwa pihak lain dapat dipercaya, atau “
    kesediaan pihak yang akan rentan terhadap tindakan lain”(Mayer Et al,
    1995, p. 712);
  • “Perasaan kepercayaan dan keamanan dalam respon kepedulian pihak lain”
    (Rempel et al, 1985, hal 96.); dan kombinasi dari faktor-faktor

Yoon (2002) menjelaskan mekanisme kepercayaan online sebagai: keamanan jaminan, reputasi, pencarian web, pemenuhan (yaitu kesediaan untuk menyesuaikan), presentasi (yaitu web kualitas), teknologi, dan interaksi (misalnya e-forum). Mekanisme ini dikategorikan ke dalam tiga dimensi kepercayaan online:

(1)        teknik-based: web pencarian, teknologi dan penyajian;

(2)        ketidakpastian transaksi dan keamanan: jaminan keamanan, dan

(3)        berbasis kompetensi: reputasi, pemenuhan, dan interaksi

Berdasarkan fenomena dan riset terdahulu dari Pavlou, 2003; Yousafzai et al, 2003

Gefen dan Straub, 2004; Wu dan Cheng, 2005; Flavianus dan Guinaliu, 2006); Gefen et al. (2003); Yoon (2002).“Awal kepercayaan konsumen terhadap pembelian secara Online”.

Perumusan Masalah

Tingginya persaingan membuat toko online harus memperhatikan harga, menciptakan kepuasan dan hasil yang diharapkan, kepercayaan konsumen,keamanan jaminan, dan keanekaragaman produk agar konsumen tertarik untuk membeli di toko online

Maka pertanyaan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Bagaimana variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian via internet pada toko online?

2. Bagaimana cara menciptakan kepuasan dan hasil yang diharapkan berpengaruh terhadap keputusan pembelian via internet pada toko online

3. Bagaimana bentuk kepercayaan konsumen secara pembelian online awal mereka.

4. Bagaimana variabel keragaman produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian via internet pada toko online

Tujuan penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai pengaruh kepercayaan konsumen terhadap pembelian secara Online, yaitu :

1. Menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian.

2. Menganalisis pengaruh kepuasan dan hasil yang diharapkan.

3. Menganalisis pengaruh bentuk kepercayaan konsumen secara pembelian online awal mereka.

4. Menganalisis pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian.

http://prihantoro.staff.gunadarma.ac.id

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s