TUGAS JURNAL METODE RISET

JURNAL 1

Tema : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen

Judul : “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen (Pasien) Terhadap Pelayanan Bagian Unit Bersalin di  Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya”.

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Pemerintah dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Rumusan dan Batasan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah:

1)    Bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan pihak RSB. Budhi Jaya?

2)    Faktor apa saja yang berpengaruh dalam tingkat kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan yang diberikan?

Tujuan Penelitian:

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan ini adalah:

1)    Untuk mengetahui apakah konsumen atau pasien merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh pihak Rumah Sakit.

2)    Untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam menentukan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit.

 

METODOLOGI

Objek Penelitian

Objek dalam penulisan ini yaitu Pasien yang melakukan persalinan di Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya yang beralamat di Jalan Dr.Saharjo No:120 Jakarta Selatan.

Data dan Variabel Penelitian:

Sajian data atau variabel yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan yang terdiri dari lima atribut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud. Dengan mengambil sample sebanyak 50 responden.

Metode Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan data, penulis berusaha mendapatkan data yang sesuai dengan masalah yang akan diambil. Adapun yang menjadi sumber datanya adalah:

1)    Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari rumah sakit.

2)    Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari buku-buku yang bersangkutan dengan keperluan penelitian dan juga menggunakan media elektronik seperti internet untuk melengkapi masalah yang akan diungkapkan dalam penulisan.

Hipotesis

Dengan berusaha untuk meningkatkan pengunjung yang datang, maka pihak perusahaan yang bergerak dibidang jasa harus dapat memperbaiki pelayanan yang diberikan.

Metode Penelitian (Alat Analisis yang Digunakan)

1)    Skala Pengukuran

Di dalam penulisan ini penulis mengggunakan skala Likert, yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian sikap, pendapat, dan persepsi sosial seseorang/kelompok. 2)    Metode Analisis DataAlat analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan Chi Square. Chi Square adalah alat analisis untuk melihat variabel jenis pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen

ANALISIS & PEMBAHASAN

Hasil Penelitian

Dengan menyebarkan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan yang terdiri dari lima atribut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud kepada 50 responden yang merupakan pasien yang melakukan proses persalinan pada RSB Budhi Jaya, maka dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:

1) Analisis Keandalan

Keandalan adalah kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan secara terpercaya dan akurat.

a.      Pelayanan pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan yang cepat dan akurat.

b.      Penjelasan dari dokter

c.       Ketepatan kedatangan dokter.

 

d.      Prosedur penerimaan pasien yang cepat.

e.      Prosedur pendaftaran sangat mudah.

2) Analisis Daya Tanggap

Daya tanggap adalah kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat.

a.      Petugas informasi dalam memberikan informasi yang jelas

b.      Tindakan cepat pada saat pasien membutuhkan pertolongan.

c.   Kemampuan dokter dan perawat untuik cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien.

3) Analisis Kepastian

Kepastian adalah pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan.

a.      Pengetahuan dan kemampuan para dokter dalam mendiagnosa pasien.

b.   Pelayanan yang sopan dan ramah

c.   Ketrampilan para dokter, perawat dan petugas lainnya dalam bekerja.

4) Analisis Empati

Empati adalah kesediaan untuk peduli, memberi perhatian pribadi kepada pelanggan.

a.      Sikap dan perhatian perawat pada pasien.

b.      Sikap dan perhatian dokter terhadap pasien

c.       Pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial.

5) Analisis Berwujud

Berwujud adalah penampilan fasilitas fisik, peralatan, tugas, dan materi komunikasi.

a.      Kerapihan dan kebersihan penampilan petugas.

b.      Kelengkapan dan kebersihan alat-alat yang dipakai.

c.       Kebersihan kamar perawatan dan kamar mandi.

d.      Kenyamanan ruangan perawatan (seperti ber-AC)

e.      Kebersihan dan kenyaman ruan lobi.

f.      Penataan eksterior dan interior ruangan.

JURNAL 2

Judul : “Awal Kepercayaan dan Perilaku Pembeli Online”

Latar Belakang ;

Bukti menunjukkan bahwa alasan utama mengapa orang tidak membeli melalui internet ialah terkait dengan keamanan online dan kebijakan, reliabilitas perusahaan, dan teknologi situs web.

Kepercayaan Online memainkan peran penting dalam menciptakan kepuasan dan hasil yang diharapkan dalam transaksi online.

Risiko yang dirasakan dalam transaksi online adalah ketidakpastian dalam lingkungan pembelian dimana konsumen harus mempertimbangkan hasil pembelian dan pentingnya membuat keputusan dalam melakukan komersial online.

Batasan Masalah;

Penelitian ini akan fokus secara khusus membahas pada pembentukan awal kepercayaan online dan pengaruh kepercayaan online dalam menciptakan niat beli konsumen melalui komersial online, serta sejauh mana disposisi pribadi mempengruhi kepercayaan awal dalam pembelian online.

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mengetahui bagaimana konsumen online mengembangkan kepercayaan awal mereka.
  • Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan online dalam menciptakan niat beli konsumen melalui komersial online

Metodologi Penelitian

Hal ini juga mengkaji dampak dari kepercayaan awal online dan keakraban dengan pembelian online pada niat pembelian. Pengumpulan data primer difokuskan pada mahasiswa sarjana dan pascasarjana di Taiwan; pengguna tersebut cenderung memiliki tingkat pengalaman internet.

Hasil dan Kesimpulan;

Membangun kepercayaan online merupakan komponen penting bagi vendor untuk berhasil dalam lingkungan komersial online, dimana transaksi lebih impersonal dan anonim, karena ini akan mempengaruhi niat beli konsumen. Dalam komersial online, pembeli tidak dapat pengalaman langsung barang (dengan pengecualian beberapa digital), dan mereka melakukan pembelian keputusan berdasarkan informasi yang diberikan oleh pengecer online dan juga dari persepsi mereka pada situs web.

Penelitian ini menunjukkan bahwa vendor harus membangun situs web yang tidak hanya berguna, aman, dan hormati kebebasan pribadi, tetapi yang juga dapat dipercaya. Situs Web dapat memanfaatkan teknik yang bermanfaat atau konten informatif untuk mendorong konsumen merasa dermawan dan mengurangi keprihatinan pemanfaatan konsumen.

Saran;

Sejumlah keterbatasan dan rekomendasi untuk penelitian mendatang dapat disarankan. Salah satu batasan potensial adalah sampel mahasiswa, yang tidak mungkin untuk mewakili lebih luas populasi. Selanjutnya, penelitian tidak mengontrol kemungkinan bahwa responden mungkin sudah pernah mendengar tentang perusahaan sebelumnya melalui iklan, pengetahuan lain, atau dari orang lain, menyebabkan bias dan mengarah pada beberapa keyakinan kepercayaan terbentuk sekitar perusahaan.

JURNAL 3

Judul : “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan pada RS Pelni Petamburan.”

LATAR BELAKANG:

Dengan semakin banyaknya orang yang memerlukan jasa kesehatan, rumah sakit harus dapat bersaing bagaimanan caranya untuk dapat menarik konsumen, khususnya pasien.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung rumah sakit, diharapkan dapat memberikan kepuasan dan jaminan untuk menggunakan pelayanan tersebut kembali pada saat diperlukan lagi, sehingga dapat membiayai dana operasional rumah sakit yang bersangkutan.

RS Petamburan adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa kesehatan yang kegiatannya adalah melayani pasien, maka hal utama yang harus diperhatikan dan diprioritaskan adalah kepuasan pasien.

TUJUAN PENELITIAN:

Untuk mengetahui apakah konsumen atau pasien merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh pihak RS PELNI Petamburan.

METODOLOGI PENELITIAN:

Data Penelitian:

Objek dalam penelitian ini adalah RS Pelni Petamburan yang beralamat di Jln. Aipda KS Tubun 92-94 Jakarta Barat. Sajian data yang akan digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan dengan memberikan pertanyaan kepada pasien yang datang ke RS Petamburan dengan sample 50 responden.

Variabel Penelitian:

Pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner pada penelitian ilmiah ini terdiri dari 5 dimensi yaitu

1)    Keandalan

2)    Daya tanggap

3)    Keyakinan

4)    Empati

5)    Berwujud

Tahapan Penelitian:

Tahapan dalam melakukan penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut:

1)    Metode lapangan

2)    Metode Pustaka

HASIL DAN KESIMPULAN:

Maka dapat diketahui bahwa kinerja pelayanan yang diberikan oleh RS Pelni Petamburan sudah cukup baik.

SARAN:

Meskipun kinerja pelayanan yang telah diberikan sudah dapat dikatakan baik dan pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, maka diharapkan seluruh pegawai rumah sakit dapat tetap bertahan dan meningkatkan kinerja yang dijalankan. Bila hal ini tetap dilakukan dengan baik, maka akan di prediksi bahwa jumlah pasien atau pelanggan RS Pelni Petamburan  akan meningkat.

INFO : http://liasetianingsih.wordpress.com/tag/jurnal/

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s